KONSEP DASAR E COMMERCE

E COMMERCE


Penggunaan Internet dan Web untuk transaksi bisnis. Dalam konteks yang lebih formal, E Commerce dapat di definisikan sebagai Transaksi commercial yang tersedia secara digital antara lintas organisasi/ perusahaan maupun individu. Untuk lebih jelasnya, simak materi di bawah ini.


Berbagai Tipe E-Commerce, serta beberapa platform yang digunakan sebagai basis transaksi dalam industri ini. Setidaknya terdapat sejumlah Tipe E-Commerce yang dibagi berdasarkan konektivitas pasar, diataranya adalah:

  1. - Business-to-Consumer (B2C)
  2. - Business-to-Business (B2B)
  3. - Consumer-to-Consumer (C2C)
  4. - Social e-commerce
  5. - Mobile e-commerce (M-commerce)
  6. - Local e-commerce

Selain itu, ternyata ada sejumlah platform yang dapat dimanfaatkan agar industri E-Commerce ini mampu diamnfaatkan secara optimal oleh para pelaku usaha. Simak materi di bawah ini.

Ada berbagai bisnis model dalam e commerce. Bisnis model ini adalah salah satu bagian terpenting dalam industri, karena mengungkap bagaimana cara persuahaan mendapatkan laba (monetizing) melalui cara cara yang belum pernah dilakukan oleh perusahaan tradisional pada umumnya. Delapan Kunci Model Bisnis E-Commece:

  1. Value proposition (Proposisi nilai)
  2. Revenue model (Model pendapatan)
  3. Market opportunity (Kesempatan pasar)
  4. Competitive environment (Lingkungan kompetitif)
  5. Competitive advantage (Keungguan bersaing)
  6. Market strategy (Strategi pasar)
  7. Organizational development (Pengembangan organisasi)
  8. 8.Management team (Tim manajemen)

Delapan kunci ini, adalah rahasia pemanfaatan model bisnis yag dikembangkan untuk industri E-Commerce.  Untuk lebih jelasnya, simak materi ini.



Saat ini, ada beragam toko online. Salah satu yang populer adalah Shopee. Bagaimana cara membuka akun di Shopee? SImak video di bawah.

https://youtu.be/bFnRG50xRDE

Bagaimana pula strategi agar menjadi star seller? Simak video di bawah ini.

https://youtu.be/K73XwCeVlzc

Comments

Popular Posts